28 April 2012 --> HARI PERTAMA FLIGHT 912!


Hari ini gue ikutan IYC (Indonesian Youth Conference) bareng temen-temen baru gue yang MUNTAH (Komunitas Pecinta Limbah). Nggak nyangka banget bakalan kaya tadi jadinya, padahal gue sama Nita iseng aja tuh tadi ke MT buat ikut IYC. Awalnya sih emang bikin ngantuk dan krik banget, eh pas udah disuruh buat kelompok gue langsung semangat J Awalnya gue ngusulin tentang sampah ke kelompok gue. Terus si Raania ngusulin tentang berhemat, dan si Firza (dari MAN 2 Serang) ngusulin tentang moral. Tapi gue nggak setuju, soalnya kalau udah tentang moral itu mencakup lingkup agama sama kebudayaan aja (menurut gue sih begitu) dan hal tentang moral kalau diperdebatkan bisa panjang lagi urusan. Akhirnya gue menjelaskan kenapa gue ngambil tema tentang sampah, yang akhirnya gue luasin lagi jadi limbah. Yah soalnya kebetulan karil gue juga tentang limbah, hehe :D
Akhirnya pada setuju tuh tentang limbah. Kak Rizki yang jadi mentor di kelompok kami pun setuju. Kak Rizki itu rambutnya panjang dan lurus, tapi cowok udah gitu make anting hitam dan ada semacam jarum (entah itu apa) yang menusuk di telinganya. Tapi apapun itu, yang penting kelompok gue dong yang menurut gue paling kece :D *kata si Hantu (Hana) juga gitu kok, tapi dia bilangnya gue yang paling kece* B) ahahahaha.
Terusnya kita disuruh buat project tentang siapa aja objeknya, latar belakangnya, tujuannya, bakalan dapet dana dari siapa project kita itu, dan bagaimana cara mempertahankan project kita itu agar tetap dapat berjalan! Tapi gue pengen banget MUNTAH itu benar-benar berjalan jadinya, soalnya gue udah sering banget menggerakkan MUNTAH itu. Dan kakak-kakak itu paling sering nyebut kata MUNTAH, hahaha yah mungkin menurut mereka itu unik dan mudah diingat kali ya. Padahal gue buat nama kegiatannya kaya gitu tiba-tiba, udah gitu pas gue lagi mencetuskan nama MUNTAH itu MT lagi sepi. Dan gue liat yang pertama kali denger gue teriak MUNTAH (kaya Archimedes pas teriak “EUREKA!”) gitu sambil gue sebutin kepanjangannya adalah komunitas pecinta limbah. Eh ada kakak yang ketawa ngedengernya, namanya kak siapa ya gue lupa, yang gue inget malah twitternya. Wakakak.
Kelompok gue pas nampil paling heboh dong, mana pas banget lagi karena maju paling terakhir untuk mempresentasikan project dalam waktu 5 menit. Sebenernya awalnya anak-anak kelompok gue pada nunjuk gue buat maju ke depan, buat mempresentasikan project MUNTAH. Tapi gue dengan liciknya ngebisikin Raaniaa sama Indah (kita dari nf) buat gambreng dan kita hitam. Soalnya gue nggak mau anak nf yang maju, kalau anak nf udah biasa kan ngeliatnya udah gitu di “kandang” sendiri, nggak seru banget. Justru gue ngincer anak yang daritadi kebanyakan diem aja biar bisa ngomong di depan. Jarang-jarang kan ada event kaya gini, disuruh maju ke depan dan gue memberikan kesempatan itu kepada sekolah lain dengan cara gambreng. Si Firza kayaknya udah tau aja tuh rencana gue buat nyuruh anak nf nya biar pas gambreng hitam aja. Eh dia nya juga hitam, terus nyisa dua deh yang paling diem-diem aja dari tadi. YES dapet orangnya, ahahahaha emang niat gue dari awal buat salah satu dari mereka buat berani ngomong di depan J Akhirnya yang presentasi dari kelompok kami adalah si Aal (dari Padarincang). Dia sempet bilang “Saya malu presentasi di depan, udah kamu aja yang ngomong kan kamu yang ngerti semuanya dari awal.” Tapi gue bilang “Justru ini kesempatan buat kamu, kapan lagi ada acara kaya ginian. Cuma di sini kan, dan kesempatan datang sekali. Kita udah percayain sepenuhnya sama kamu buat presentasi. Semangat Aal!!” Dari situ udah muncul suatu solideritas antar individu di kelompok gue, dan yang lainnya pun memberikan semangat kepada si Aal itu. Gue seneng banget gila.
Udah gitu kertas yang kita pake buat nulis project itu gue lecekin, gue bentuk bola. Kenapa gue lecekin? Soalnya dari tadi gue liat kelompok-kelompok yang lain tuh terlihat seperti ada hiasannya di kertas kelompok mereka, dan gue liat si Aal juga mencoba untuk membuat semacam hiasan gitu. Eh malah gue lecekin. Tau kenapa? Coba tuh kertas dibuka lagi, keliatan kayak sampah kan. Pas banget sama tema yang kita angkat sebagai permasalahan di kelompok kita, dan menurut gue itu ada seninya. Abstrak! -__- Tapi yang penting tetep kece dong, dan gue suka banget sama hiasan yang udah gue buat walaupun sekedar lecekan kertas yang terlihat tidak berarti tapi di atasnya mengandung sebuah project dan misi yang besar.  Oh iya, si Kak Rizki itu kan nyuruh kita buat menghayal ya. Nah disuruh gitu yaudah gue ngayal aja gede-gede walaupun kelihatannya impossible banget. Lagian ada gue disuruh ngayal :P hahaha maaf aja lah ya kalau khayalan gue ketinggian.
Mulailah kelompok kami yang terakhir maju untuk presentasi.. jeng jeng jeng..
Lampu dimatiin sama Indah (bagian dari skenario gue sama si Indah tuh. Dan cuman kelompok kita yang kaya gitu. Unik kan, sesuai sama yang gue suka, unik dan paling beda sendiri). Si kakak panitia dan Pak Win yang baru masuk kaget. “Kok lampunya dimatikan?” si Aal pun “merebut” mic yang dari kakaknya itu yang padahal mau nyuruh kelompok kita udah maju “Wes, belum disuruh maju aja udah maju duluan, baguslah.” Gitu kata kakaknya. Setelah Aal maju si Indah dari belakang menyalakan lampunya. Dan gue melemparkan kertas yang udah gue lecekin kaya bola tadi ke si Aal yang udah ada di samping papan tulis. Si Aal pun membuka project itu dan...
“Inilah kami, kelopmpok Sultan Ageng Tirtayasa!” Teriak gue seantero ruangan MT. Kelompok kami (kelompok 2) pun maju ke depan semuanya. Si Aal memperkenalkan diri duluan sebagai yang akan mempresentasikan project itu, dan kita sisanya berlima membelakangi penonton. Firza membalikkan badannya dan memperkenalkan dirinya. Setelah dia baru gue membalikkan badan ke hadapan penonton dan memperkenalkan diri, begitu seterusnya. Hahahaha pas kita memperkenalkan diri kakak-kakaknya dan penontonnya pada heboh ngeliat kita, dan itu bagian yang paling ngebuat gue seneng: menghibur penonton! :D
Padahal tuh skenario akal-akalan gue, gue pikirkan pas kelopmpok terakhir sebelum kita maju. Sebenernya sih ada beberapa yang terlewat, misalnya harusnya si Aal bilang ke kita gini, “Apa nama acara kita?” dan kelompok gue jawab, “MUNTAH! KOMUNITAS PECINTA LIMBAH!” Gitu tapi sayangnya si Aal nya kelupaan, tak apalah yang penting asik ya, bukan sok asik :D
Dan gue seneng juga pas Kak Rizki nggak ngebantai kita, nanya-nanya tentang project kita tapi malah membantu kita dan kaget “Gue kaget nih kok tiba-tiba ada yang matiin lampu di belakang dan pada membalikkan badan semua kaya gitu, kertas dilecekin, dsb.” Dan gue cuman bisa ketawa aja di depan malu banget karena itu semua akal dari otak gue yang emang rada-rada ye, sinting :/ wakakak. Tapi yang bagian matiin lampu itu idenya si Indah, selebihnya gue yang sinting dah, edan emang ye. Hahaha. Padahal kelopmpok lain setiap presentasi selalu “dibantai” (semacam diuji gitu, kaya karil. Diuji sama pengujinya) sama mentornya, eh tapi kelompok kita malah di tambahin dan dipuji, bahagianya gueeeee :D kece banget dong kita (?)
Ujungnya juga gue maju sih, tapi sendirian. Buat menyampaikan kesan yang paling ngebuat gue terkesan selama acara IYC tadi berlangsung. Gue dibilang gini lagi sama kakaknya “kamu itu ikutan stand up comedy, ya?” dan gue iya-iya aje, padahal mah kagak. Mau ikut gimana kak, gue ngejayus itu mah hanya sesaat. Biasanya gue orangnya serius kok. (lah kan gue punya kepribadian yang nggak hanya satu. Hahaha). Untungnya pas gue maju ke depan terus gue suruh yel-yel pada rame dan nurut-nurut aje, gue kirain bakalan pada diem krik krik gitu. :D
Finally, sesi foto bareng J Pengen minta foto yang tadi itu dong, sumpah mau banget deh. :D :D
Dan gue kepengen banget ikutan acara festival IYC di Jakarta nanti, mumpung lagi liburan tuh tanggal 3-7 Juli. Pastinya seru banegt dan bakalan lebih banyak lagi temen baru gue di sana nanti. J


0 Responses

please comment ..